Nurdin Halid Paling Berpeluang Menangkan Pilgub Sulsel

25 Januari 2017 13:31
Direktur Lembaga Survei Nurani Starategi Nurmal Idrus. (Ardiansyah/inikata.com)

MAKASSAR,INIKATA.com – Direktur Lembaga Survei Nurani Starategi Nurmal Idrus mengatakan bahwa peluang Nurdin Halid (NH) memenangkan Pilgub Sulsel sangat besar.

Pasalnya, penguasaan politik pada pimpinan daerah untuk dijadikan ketua golkar di beberapa daerah, menjadi faktor mengapa potensi popularitas dan elektabilitas NH sangat besar.

“Secara politik, peluang terbesar dari semua calon sampai hari ini ada di tangan NH,”ujar Nurmal di warung kopi Phoenam, Jalan Boulevard, Rabu (25/1/2017).

Menurutnya, konsolidasi terhadap kepengurusan Golkar di daerah berjalan dengan sangat baik. Lalu, orientasi penguasaan politik pada pimpinan daerah untuk dijadikan ketua golkar dibeberapa daerah, menjadi faktor mengapa potensi popularitas dan elektabilitas NH untuk menaik sangat besar.

Ia melanjutkan, dalam teori perebutan suara dalam event seperti pilkada, maka penguasaan terhadap pengendalian infrastruktur adalah kuncinya.

Baca Juga: Versi JSI, Ini Cawagub Unggulan Sulsel

” Pada posisi itu NH berpeluang. Infrastruktur Golkar yang dimilikinya membuat dia dengan mudah mengendalikan pemilih karena bisa dengan mudah menyampaikan keinginannya kepada pemilih,”katanya.

Untuk diketahui, ada tiga calon yang disebut-sebut akan maju. Yakni Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang, Mantan Bupati Gowa dua periode Ichsan Yasin Limpo, dan Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah.

Mereka tengah melakukan komunikasi politik ke sejumlah parpol untuk maju di pemilihan tersebut. Sedangkan NH sudah mengantongi parpol yang telah mengusungnya yakni Partai Golkar dengan jumlah kursi 18 di DPRD Sulsel.

Adapun partail lain yakni Demokrat 11, Gerindra 9, PAN 9, PP 7, PKS 7, NasDem 9, PKB 3, PDIP 5, PKPI 1, Hanura 5, dan PBB 1 kursi. (**)

Baca Juga: Dinilai Sepadan dengan SYL, IPI Sebut Nurdin Abdullah Mampu Bersaing Dengan Calon Lain