KPU Sulsel Bantah Ada Dana Cadangan dalam Anggaran Pilgub 2018

1 Februari 2017 17:26
Kepala Bagian Humas KPU Sulawesi Selatan Asrar Marlang. (Ardiansyah/inikata.com)

MAKASSAR,INIKATA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan berharap anggaran pemilihan gubernur Sulawesi Sulawesi Selatan senilai Rp 470 miliar cair sebelum tahapan pemilihan yang dilakukan pada bulan Agustus tahun ini.

“Lebih cepat lebih baik,”ujar Kepala Bagian Humas KPU Sulawesi Selatan Asrar Marlang, Rabu (1/2/2017).

Pasalnya kata dia, KPU Sulsel sudah harus bekerja sesuai tahapan pemilihan yang akan berjalan. Seperti rekrutmen penyelenggara dan data pemilih.

Saat ini lanjut Asrar, anggaran pemilihan tersebut masih dalam tahap review yang dilakukan oleh inspektorat terkait penggunaan anggaran belanja.

“Apakah sudah sesuai atau tidak,”tutur Asrar.

Asrar menjelaskan, proses pencairan anggaran itu dibagi dalam dua tahap. Yakni pada 2017 dan 2018. Untuk 2017 dari total anggaran Rp 470 miliar KPU diberikan Rp 78 miliar. Sisanya Rp 392 miliar pada 2018.

Baca Juga: Oktober, KPU Sulsel Lakukan Pemutakhiran Data Pemilih Pilgub 2018

“Jadi bukan dana cadangan. Tapi alokasinya memang seperti itu,”katanya.

Justru Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan mengusulkan pembahasan anggaran cadangan untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 mendatang dalam waktu dekat.

“Ada beberapa mata anggaran dikurangi seperti yang diusulkan KPUD. Untuk 2017 dana cadangan Pilgub sekitar Rp100 miliar,” sebut Ketua Badan Anggaran DPRD Sulsel Ni’matullah usai rapat kerja anggaran di Makassar beberapa waktu lalu dalam rapat dengan agenda penyempurnaan hasil evaluasi Mendagri tentang Rancangan APBD 2017.

Ni’matullah menyatakan ada beberapa mata anggaran yang mesti diperbaiki dokumennya kerena banyak yang belum tuntas termasuk pada anggaran Pilgub Sulsel. (**)

Baca Juga: Ini DPS Pilgub Sulsel 2018