KPUD Takalar Permantap Bimtek KPPS dan Pengadaan Logistik Pilkada

3 Februari 2017 16:37
Ketua KPUD Takalar Jusalim Sammak. (Foto:ist)

MAKASSAR,INIKATA.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan saat ini giat pada proses pemantapan perlengkapan logistik, dimana dalam tahapan telah dilakukan penyortiran dan pelipatan kertas suara.

Selain penyortiran, KPUD juga sedang mempersiapkan pelaksanaan bimbingan tekhnis (bimtek) di tingkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang rencana dilakukan hingga Senin 7 Februari pekan ini.

Hal ini diharapkan untuk bisa memaksimalkan kinerja para anggota KPPS secara profesional, dikarenakan KPPS adalah garda terdepan dan merupakan ujung tombak dalam proses penyelenggaraan pemilu.

“Mereka harus dibekali pengetahuan, diantaranya tentang pemungutan dan perhitungan suara. Begitupun dengan yang mana surat suara yang sah dan tidak sah,”ujar Ketua KPUD Takalar Jussalim Sammak ketika dihubungi Inikata.com, Jum’at (4/7/2017).

Baca Juga: KPUD Ubah Format Debat Kandidat Tahap II Pilkada Takalar

Bimtek kata dia dilakukan diwilayah masing-masing. Adapun jumlah KPPS sebanyak 2.457 orang. “PPK dan PPS sudah. Sekarang petugas KPPS,”katanya.

Sedangkan untuk surat suara, lanjut Jussalim sudah selesai dilakukan penyortiran. Dari penyortiran terakhir diketahui, surat suara yang rusak berjumlah 106 lembar yang rusak.

Kerusakan itu pada umumnya terkena noda tinta.Sedangkan yang robek belum ditemukan. Kendati ada yang ditemukan mengalami kerusakan, namun ujar Jussalim kerusakan itu masih tergolong minim tidak sebanding dengan jumlah surat suara yang ada sebanyak 205.418 lembar ditambah 2,5 persen sebagai cadangan.

“Sekarang ini kami fokus pula pada kelengkapan TPS, DPT, dan berita acara. Intinya sudah 80 persen kesiapan kami dalam menghadapi pilkada,”jelasnya.(**)

Baca juga: CATAT!! Ini Jadwal Kampanye Akbar Paslon Bupati Takalar yang Ditetapkan KPU