Wow, Maju di Pilgub Sulsel Diprediksi Harus Siapkan Dana Rp 500 Miliar

3 Februari 2017 20:49

MAKASSAR, INIKATA.com-Dana yang harus disiapkan seorang calon gubernur (cagub) untuk maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan 2018-2023 sekitar Rp 500 miliar.

“Kalau efektif paling besar Rp 500 Miliar. Tapi kan tak harus ditanggung mereka semua. Ada relawan dan sponsor yang biasa membantu.”ujar Direktur Lembaga Survei Nurani Starategi Nurmal Idrus,Jum’at (3/2/2017).

Dana Rp 500 miliar tersebut, lanjut ia,antara lain untuk biaya memperoleh kendaraan partai, sosialisasi, kampanye, dan saksi di tempat pemungutan suara.

“Tapi kalau untuk dana yang akan mereka gunakan untuk kampanye, maka cara hitung paling wajar adalah dengan menghitung total besaran TPS di Sulsel dikali alokasi dana per TPS. Bisa juga dengan melihat standar besaran dana Pilgub yang akan digunakan oleh KPU,”tutur Nurmal.

Ia menambahkan,KPU Sulsel mengalokasikan anggaran Pilgub Sulsel Rp 470 miliar. Oleh karena itu, anggaran yang harus dipersiapkan para calon tidak jauh-jauh dari itu.

“Standar dana KPU dijadikan dasar karena penyusunan anggaran KPU berbasis TPS. Calon yang serius ikut Pilgub juga harus menghitung anggarannya dengan basis TPS agar bisa maksimal dalam perolehan suara,”jelasnya.

Terpisah, Kabag Humas KPU Sulsel Asrar Marlang menuturkan, jumlah TPS pada Pilgub Sulsel diperkirakan 13 ribu yang tersebar di 24 Kabupaten dan Kota.

Baca juga: Soal Partai Pengusung di Pilgub Sulsel, NH: Saya Serahkan ke DPP

“Sekitar 13 ribu TPS di Pilgub Sulsel,”ujar Asrar.

Sementara itu, Wakil Ketua Partai Hanura Sulawesi Selatan Imbar Ismail tak membantah bila setiap calon kepala daerah mempersiapkan dana untuk maju. Dana itu sebagian diserahkan ke partai.

Baca juga: PAN Dukung IYL di Pilgub Sulsel

“Pastilah para calon harus memiliki financial,”katanya. (**)