Hasil Hitungan Cepat JSI di Pilkada Takalar, Bur-Nojeng Unggul

15 Februari 2017 18:15
Hasil hitungan cepat yang dilakukan JSI pada Pilkada Takalar. (foto: Ardiansyah/Inikata.com)

MAKASSAR,  INIKATA.com-Lembaga survei Jaringan Suara Indonesia (JSI) merilis hasil hitungan cepat pemilihan kepala daerah Kabupaten Takalar  Rabu (15/2/2017) di Grand Hotel Clarion,  Makasssar.

Dalam hasil hitungan cepat tersebut,  pasanhan calon urut 1 Burhanuddin Baharuddin-Natsir Ibrahim memperoleh suara 50,13 persen dan pasangan calon urut 2 Syamsari Kitta-Achmad Daeng Se’re memperoleh suara 49,87 persen. Dengan data yang masuk 100 persen di 180 dari 351 TPS di Takalar. Sementara partisipasi pemilih 83,8 persen.

“Ini bukan hasil akhir karena margin error 1 persen. Kita tunggu real count dari KPU “ujar Peneliti Riset JSI Riswan Sawedi.

Ia mengungkapn,  berdasarkan pengalaman pada pemilihan kepala daerah di Jawa Timur beberapa waktu lau  dengan adanya margin error 1 persen semua hal bisa terjadi,  karena itu hasil akhir ada di KPU.

“Data ini menggunakan multistage random sampling, “tutur Riswan.

Baca juga: LIHAT!! Massa Pendukung Bur-Nojeng Terus Berdatangan

Dijelaskan,  Bur-Nojeng unggul di dua zona.  Yaitu Zona 1 meliputi Kecamatan Patalassang,  Polombangkeng Selatan,  dan Pokombangkeng Utara dengan perolehan suara 53.66 persen sementara SK-HD 46,34.persen.

Sedangkan di zona dua meliputi kecamatan Mangarabombang,  Mappasunggu  dan Sanrobone Bur memperoleh 54,97.persen dan Syamsari 45,03 persen. Sedangkan di Zona tiga meliputi Kecamatan Galesong,  Galesong Selatan,  dan Galesong Utara Syamsari unggul 57,.01.persen dan inkumben kalah dengan hanya memperoleh suara 42,99 persen.

Baca juga: PPP Sulsel Optimistis Bur-Nojeng Menang di Pilkada Takalar

Adapun Supervisior Pemenangan JSI Arief Saleh mengatakan kendati Bur unggul namun Syamsari sebagai penantang mampu mengejar survei calon petahana. Yang tadinya hanya 16 persen berubah menjadi 37 persen suara untuk Syamsari.  (**)