Yusril Ihza Mahendra Akan Dampingi Bur-Nojeng di MK

23 Februari 2017 13:11
Yusril Ihza Mahendra. (foto:ist)

MAKASSAR,INIKATA.com – Partai Bulan Bintang (PBB) sebagai partai pendukung pasangan calon nomor urut 1 Burhanuddin Baharuddin-Natsir Ibrahim di pilkada Takalar tengah mempersiapkan Yusril Ihza Mahendra sebagai kuasa hukum yang mendampingi Bur-Nojeng di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kami sudah hubungi beliau. Hari senin pekan depan kami ketemu dan membawa sejumlah bukti pelanggaran saat pencoblosan,”ujar Sekretaris PBB Sulsel Purnomo Irianto Asadih, Kamis (23/2/2017).

Purnomo berharap,Bur segera merampungkan bukti pelanggaran tersebut. Seperti adanya pemilih siluman yang tidak terdaftar dalam data base dinas kependudukan dan catatan sipil (diskudcapil) dan juga daftar pemilih tetap (DPT) di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Takalar.

Menurutnya, kekalahan paslon Bur-Nojeng diwarnai intrik kecurangan. Pasalnya, saat penghitungan real count di panitia pemungutan suara (PPS) Bur-Nojeng sempat unggul hingga pukul 19.00 Wita. Kemudian terbalik pada pukul 21.00 Wita pada tanggal 15 Februari lalu beberapa jam setelah pencoblosan.

“PBB siap dampingi pak Bur. Pengurus di tingkat kabupaten sudah siapkan kuasa hukum dan kami juga upayakan pak Yusril, “jelasnya.

Baca Juga: Selisih 2.023 Suara, Massa Bur-Nojeng Akan Kawal Sampai MK

Sementara itu, Ketua Tim Manajemen Pemenangan Bur-Nojeng, Fachruddin Rangga menuturkan, saat ini tim fokus melengkapi bukti kecurangan yang terjadi sebelum dan saat hari pencoblosan. Selanjutnya kuasa hukum yang akan mendalami masing-masing bentuk kecurangan mengaitkan dengan dalil hukum yang digunakan.

“Kalau soal kalah itu biasa tetapi yang tidak biasa itu kalah karena bentuk kecurangan yang terstruktur, ini juga sebagai bentuk pembelajaran politik pada Pilkada serentak 2018 untuk tidak menghalalkan segala cara demi mengejar ambisi,”ucapnya.

Lebih lanjut Fachruddin mengatakan, hari ini kuasa hukum sudah berangkat ke MK, ” Mengenai jumlah persisnya kami belum bisa pastikan tetapi yang pasti dari yang ada saat ini masih terus akan bertambah karena dari partai pengusung juga menyiapkan termasuk partai bulan bintang yang mendorong ketum nya Pak Yusril Ihzar Mahendra,”jelasnya. (**)

Baca Juga: Besok, Kuasa Hukum Bur-Nojeng Lakukan Gugatan di MK