Tim Pemenangan Bur Desak Bawaslu Keluarkan Rekomendasi PSU di Pilkada Takalar

25 Februari 2017 17:03
Tim Bur saat melakukan pertemuan dengan Bawaslu Sulsel terkait hasil Pilkada Takalar. (foto: Ardiansyah/Inikata.com)

MAKASSAR, INIKATA. com – Puluhan tim pemanangan calon petahana di Pilkada Takalar Burhanuddin Baharuddin alias Bur menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Badan Pengawas Pemilu Sulawesi Selatan, Jalan AP Pettarani, Sabtu (25/2/2017) sore.

Dalam tuntutannya mereka mendesak Bawaslu mengeluarkan rekomendasi melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Takalar yang digelar pada 15 Februari lalu.

“Kami mendesak Bawaslu Sulsel melakukan PSU di Pilkada Takalar karena berbagai kecurangan yang terjadi,”ujar Korlap Peduli Demokrasi dan Keadilan Marlink Al Takalari.

Baca juga: Yusril Ihza Mahendra Akan Dampingi Bur-Nojeng di MK

Ia menjelaskan, kecurangan yang terjadi di Pilkada Takalar diantaranya adanya pemilih siluman yang berjumlah 5.486 orang, adanya sejumlah pemilih dibawah unur, adanya mobilisasi pemilih dari luar Takalar, adanya pemilih yang mencoblos lebih dari satu kali di TPS yang berbeda.

Selain itu, adanya TPS yang jumlah kertas suara terpakai diatas 100 persen melebihi kouta kertas suara 2,5.persen di setiap TPS., adanya petugas KPPS yang merusak kertas suara dan mencoret C1, dan adanya pemilih yang menggunakan C6.yang bukan miliknya.

Baca juga: Selisih 2.023 Suara, Massa Bur-Nojeng Akan Kawal Sampai MK

“Kami minta Bawaslu Sulsel turun tangan secara langsung ke Takalar untuk mendesak Panwas Takalar mengeluarkan rekomendasi terkait adanya pemilih siluman yang tidak melalui tahapan penutakhiran diskudacapil,”tutur Marlink.

Apabila tuntutan ini tak diindahkan, maka pihaknya akan melakukan penyegelan kantor Bawaslu Sulsel.

Aksi di Bawaslu

Dalam aksinya, massa melakukan aksi bakar ban depan kantor Bawaslu meski diguyur hujan. Massa pun mendesak bertemu dengan pihak Bawaslu.

“ini bukan persoalan menang atau kalah. Tapi kami tidak menginginkan cara-cara yang tidak benar dalam meraih kemenangan, “ujar Tim Pemenangan Manajemen Bur Fachruddin Rangga.

Ditempat yang sama, Kepala Sekretariat di Bawaslu Sulsel mengatakan, tuntutan ini akan dipelajari oleh komisioner Bawaslu Sulsdl.

Baca juga: Di Demo, Ini Tanggapan Panwas Takalar Soal Laporan Pemilih Siluman

Sedangkan terkait oknum penyelenggara yang diduga terlibat melakukan kecurangan,
Kasubag hukum, humas, dan hubungan antar lembaga Badan Pengawas Pemilu Sulawesi Selatan Abdullah menambahkan sebaiknya tim pemenangan Bur melapor secara resmi. Agar oknum itu diberikan sanksi kode etik oleh DKPP. (**)