Bawaslu RI: Gugatan Bur-Nojeng Bersyarat di MK

27 Februari 2017 15:52
Ilustrasi. (Foto: ist)

MAKASSAR, INIKATA.com – Badan Pengawas Pemilu RI menyebut gugatan calon petahana di Pilkada Takalar Burhanuddin Baharuddin-Muhammad Natsir Ibrahim bersyarat di Mahkamah Konstitusi (MK) sepanjang paslon tersebut memiliki bukti yang kuat telah terjadi berbagaickecurungan yang berakibat mereka tidak terpilih. 

“Gugatan pemilih siluman atau pemilih fiktif yang terjadi di Pilkada Takalar bersyarat di MK. Sepanjang paslon itu memiliki bukti yang kuat berakibat mereka tidak terpilih, “ujar Pimpinan Bawaslu RI Nasrullah ketika dihubungi Inikata. com,  Senin (27/2/2017).

Lebih lanjut Nasrullah mengatakan,  saat ini MK hanya menangani perselisihan suara. Berbeda pada Pilkada sebelumnya.  Dimana seluruh sengketa pilkada bisa diterima.  Apakah itu pelibatan aparatur sipil negara,  pemilih siluman,  dan kampanye dengan melibatkan anak dibawah umur.

“Semua proses ini sudah seharusnya terselesaikan di Panwasluu atau Bawaslu. Karena MK memiliki hitungan persentase dalam menangani suatu kasus yakni sebesar 0,5 hingga 2,05 persen,” tutur Nasrullah.

Namun demikian,  MK memiliki pertimbangan lain dalam memutuskan suatu perkara.  Misalnya saja adanya pemilih fiktif yang dilakukan seseorang hingga berakibat pada hasil suara.

“Disinilah majelis hakim melakukan penyaringan.  Apakah bisa masuk sengketa perselisihan suara atau tidak.  Bukti yang kuat menjadi penentu majelis hakim mengambil keputusan, “jelasnya.

Namun ia juga menyayangkan sikap calon kepala daerah yanh bertarung pasalnya kecurangan seperti itu baru dilaporkan saat detik-detik akhir.  Bukan pada saat proses tahapan tengah berlangsung. Sehingga kecurangan seperti adanya pemilih siluman bisa diselesaikan lebih awal.

Menanggapi hal ini,  Ketua tim media dan publikasi Syamsari Kitta-Achmad Daeng Se”re  Arum Spink menuturkan semua akan dilihat pada proses persidangan.  Sebagai pihak terkait,  tentu pihaknya juga akan memberikan support kepada KPU dalam hal penyiapan sejumlah fakta selama proses ini berlangsung.

Baca juga: Besok, Kuasa Hukum Bur-Nojeng Lakukan Gugatan di MK

“KPU kami yakini sebagai institusi yang profesional dalam menghadapi gugatan ini.  Sebagai pihak yanh termohon,  kami yakin KPU telah memiliki sejumlah bukti dari apa yang materi yang dimohonkan.

Kami juga telah melakukan identifikasi terhadap materi gugatan sebagaimana dilansir media. Kesimpulan kami smua yang dimohonkan bisa disanggah melalui administrasi tahapan-tahapan yang telah dilewati,”katanya.

Baca juga: Yusril Ihza Mahendra Akan Dampingi Bur-Nojeng di MK

Sementara itu Ketua KPU Takalar Jusalim Sammak hingga berita ini diturunkan tidak berhasil dihubungi. (**)