Kuasa Hukum Bur-Nojeng Optimistis PSU di Pilkada Takalar

17 April 2017 20:35
Ilustrasi MK

MAKASSAR, INIKATA. com – Kuasa hukum pasangan calon urut 1.Burhanuddin Baharuddin-Muhammad Natsir Ibrahim (Bur-Nojeng). optimistis majelis hakim di Mahkamah Konstitusi (MK) akan mengabulkan gugatan pasangan ini dalam sidang putusan yang akan dilakukan pada bulan depan. Pasalnya, dalam sidang dengan agenda mendengarkan keterangan saksi/ ahli pemohon, termohon, pihak terkait, bawaslu, dan panwaslu, Senin (17/4/2017) telah mampu membuktikan dalil-dalinya.

“Kami optimstis dilakukan pemungutan suara ulang (PSU) di Pilkada Takalar, “ujar Kuasa Hukum Syamsuardi.

Ia mengungkapkan, dalam sidang pembuktian yang digelar pukul 09.00 hingga 17.00 WIB itu, pihaknya menghadirkan dua saksi ahli. Yaitu mantan Komisioner KPU RI. Masing-masing I Gusti Putu Artha dan DR. Adnan Jamal, SH. MH., dan lima saksi fakta diantaranya dari dinas kependudukan dan catatan sipil Kabupaten Takalar.

“Dari keterangan saksi-saksi itu sangat menguatkan bukti-bukti surat yang telah diajukan sehingga pemohon berkesimpulan bahwa pemohon telah mampu membuktikan dalil dalilnya,”katanya.

Misalnya saja, pada formulir C6 yang menurut pihak pemohon digembosi, begitupun dengan adanya pemilih siluman sekitar 5.486 orang yang tidak terdata dalam DPT. Selain itu ada 116 TPS bermasalah.

Pada persidangan tersebut dihadiri oleh 9 hakim MK yang dipimpin oleh Ketua MK Arif Hidayat, telah memeriksa pula saksi 5 saksi dari terrmohon KPU dan 5 org saksi dari pihak terkait dalam hal ini calon nomor urut 2 Syamsari Kitta-Haji De’de.

“Namun dari keterangan saksi yang diajukan tersebut menurut kami tidaklah mampu melumpuhkan bukti-bukti yang diajukan oleh pihak pemohon,”tutur Syamsuardi.

Setelah pemeriksaan saksi-aksi majelis hakim. MK memberi kesempatan kepada para pihak untuk mengajukan kesimpulan dan disetor paling lambat jam 14 .00 WIB di Panitera MK besok.(**)